11/13/17

KEJADIAN MEMALUKAN PERSIB VS PERSIJA



Kericuhan usai pertandingan Persib vs Persija
Kericuhan usai pertandingan Persib vs Persija. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Pertemuan antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta yang dihelat pada Jumat (3/11/2017) di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, berjalan penuh kontroversi dan diakhiri dengan penuh kontroversi juga.
Persija sendiri di pertandingan ini mampu meraih kemenangan dengan skor 1-0 melalui gol yang dicetak oleh Bruno Lopes lewat sepakan penalti. Namun, pertandingan ini tidak berjalan hingga 90 menit waktu normal habis.
Pasalnya, Persib melakukan mogok main sebagai bentuk protes terhadap keputusan wasit Shaun Evans yang dianggap penuh kontroversi sepanjang pertandingan, terutama setelah memberi kartu kuning kedua kepada Vladimir Vujovic. Alhasil, Persija yang tengah memimpin dengan skor 1-0 dinyatakan memenangkan pertandingan.
Sosok wasit Shaun Evans yang diprotes oleh kubu Persib sendiri, sejatinya sudah menjadi sosok yang kontroversial sebelum memimpin jalannya pertandingan antara Persib vs Persija sore ini.
Evans yang juga tercatatat sebagai wasit di A-League (Liga Australia) sejak 2012/2013 ini pernah dilaporkan oleh Adelaide ke Federasi Sepak Bola Australia (FFA) di musim lalu dan meminta agar Evans tak lagi memimpin pertandingan yang melibatkan Adelaide.

Namun, di pertandingan ini, ada beberapa keputusan Evans dan kejadian-kejadian lain yang penuh kontroversi.beberapa kejadian kontroversial yang terjadi di laga antara Persib kontra Persija ini:
Kartu Kuning Rudi Widodo
Persib harus kehilangan salah satu pemain kuncinya di awal-awal laga, setelah Kim Kurniawan yang harus ditarik keluar lantaran mengalami cedera usai mendapatkan tekel keras dari Rudi Widodo di menit ke-11.
Sebelumnya, Rudi terlihat melakukan tekel yang mengenai betis kiri Kim, wasit Evans pun langsung meniup peluit tanda pelanggaran. Namun, Rudi yang sejatinya layak diberikan kartu merah karena melakukan pelanggaran keras, hanya diganjar dengan kartu kuning.
Shaun Evans
Shaun Robert Evans, wasit Australia di Liga 1 (Foto: @ALeague)
Anulir Gol N'Douassel Ezechiel
Meski kehilangan Kim, Persib tetap tampil cukup baik di sepanjang babak pertama. Beberapa peluang berhasil diciptakan "Maung Bandung" ke gawang "Macan Kemayoran".
Hingga akhirnya usaha mereka membuahkan hasil di menit ke-27. Berawal dari sepak pojok Raphael Maitimo, Ezechiel mampu menyundul bola dan mengarahkannya ke gawang. Bola pun sempat mengenai jala gawang Persija sebelum akhirnya jatuh ke tanah dan keluar setelah mengenai kaki Andritany.
Ketika, para pemain Persib merayakan gol itu. Nyatanya wasit Evans tidak menganggap bola sundulan dari Ezechiel ini adalah sebuah gol. Evans mengaggap bola tersebut belum melewati garis gawang. Meskipun diprotes keras oleh para pemain, Evans tidak bergeming yang membuat skor tetap 0-0 hingga babak pertama usai.
Keterlambatan Persib Masuk ke Lapangan
Keputusan kontroversial Evans di babak pertama yang menganulir gol Ezechiel, nyatanya sempat membuat drama terjadi di saat pertandingan babak kedua hendak dimulai.
Persib yang harusnya memasuki lapangan setelah 15 menit waktu istirahat di jeda babak pertama, nyatanya tak kunjung memasuki lapangan meski waktu telah melebih 15 menit. Evans pun sempat memanggil para pemain Persib untuk segera masuk ke lapangan sebanyak dua kali, tapi tidak digubris oleh kubu Persib.
Hingga akhirnya, Evans memutuskan untuk masuk ke ruang ganti Persib dan melakukan pembicaraan. Beberapa waktu kemudian, para pemain Persib terlihat sudah memasuki lapangan pertandingan untuk memulai babak kedua.
Pertandingan Berhenti di Menit 83
Meski diwarnai drama sebelum memulai kembali pertandingan, Persib dan Persija tetap bermain cukup baik di awal-awal babak kedua, hingga kemudian Persija bisa unggul 1-0 di menit ke-76 melalui ekseskusi penalti Bruno Lopes.
Sebelumnya, Evans melakukan keputusan tepat setelah memberikan hukuman penalti kepada Persib karena Purwaka Yudhi melanggar Bruno Lopes di kotak terlarang. Para pemain Persib pun tidak melakukan protes.
Namun, memasuki menit 82, drama kembali terjadi ketika Vladimir Vujovic mendapatkan kartu kuning setelah melanggar Bruno Lopes. Tetapi, Vladimir yang terlihat melakukan protes kembali diganjar kartu kuning kedua yang membuatnya menerima kartu merah dan harus keluar lapangan.
Sontak keputusan ini membuat para pemain Persib melakukan protes kepada wasit. Namun, Evans tidak bergeming dan tetap kukuh pada keputusannya. Lantaran keputusan ini, Manajer Persib, Umuh Muchtar, mengintruksikan para pemainnya untuk keluar lapangan.
Melihat aksi para pemain Persib, Evans sempat memberhentikan waktu untuk beberapa saat. Hingga akhirnya ia meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan karena Persib tak kunjung melanjutkan pertandingan.

No comments:

Post a Comment